Skip to main content

6 Kasus Hukum Viral yang Terjadi di Tahun 2020

       Tahun 2020 ini merupakan tahun yang berbeda dari pada tahun-tahun sebelumnya, kenapa bisa dibilang begitu ? Dapat dikatakan berbeda karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia salah satunya Negara kita  Indonesia. Adanya pandemi ini berakibat sangat negatif bagi warga indonesia, seperti dimulai dari masalah penyerangan kepada kesehatan manusia sampai hilangnya nyawa seseorang, memburuknya perekonomian, bahkan sampai munculnya suatu permasalahan hukum yang menciderai hati masyarakat seperti kasus korupsi bansos (bantuan sosial) yang melibatkan Menteri Sosial yang sedang menjabat pada saat itu. 

      Dan menjelang akhir Tahun 2020 yang sudah akan sampai pada puncaknya, dalam artikel ini penulis hanya ingin mengulas balik kasus-kasus hukum yang pernah viral dan terjadi sepanjang Tahun 2020. Yang dimana kasus-kasus tersebut mungkin bahkan sampai kepada diskusi publik yang menimbulkan banyak pertanyaan-pertanyaan bahkan sebuah pendapat atau opini dari berbagai kalangan masyarakat.


      Lalu apa saja kasus-kasus hukum yang pernah terjadi sepanjang tahun 2020 dan sempat menjadi viral ? Simak dibawah ini ya : 


1. HILANGNYA  HARUN  MASIKU 

      Hilangnya harun masiku pada awal januari tahun 2020 sampai dengan sekarang pada tanggal penulis menulis artikel ini merupakan sebuah hal yang masih menjadi misteri. Banyak juga forum-forum yang membahas bagaimana bisa eks caleg PDIP tersebut tidak ditemukan sampai dengan sekarang. Dan yang menarik dari kasus tersebut sampai terjadi sebuah perdebatan adalah perbedaan penyampaian antara apa yang dikatakan oleh Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F sompie yang sedang menjabat pada waktu itu dengan Menteri Hukum & HAM Pak Yasonna Laoly terkait lokasi Harun Masiku yang membuat publik menjadi bingung terhadap perbedaan pernyataan tersebut. 

      Harun Masiku itu terlibat dalam kasus dugaan penyuapan kepada eks komisioner KPU yang pada saat itu bernama Wahyu Setiawan. Melalui media yang penulis baca nominal dari pada penyuapan tersebut bernilai sebesar Rp. 400.000.000 (empat ratus juta rupiah) dan tujuan dari pada dilakukannya penyuapan itu ialah agar harun masiku tersebut dapat menggantikan riezky aprilia sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat  Republik Indonesia atau DPR RI dalam mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW).


2. KASUS WINDA ATLET E-SPORT DENGAN MAYBANK

      Kasus ini menjadi viral karena dalam berita yang tersebar dalam media sosial atlet e-sport yang bernama Winda D. Lunardi tersebut mengaku kehilangan uangnya atau tabungannya di bank maybank, dimana nilai uang yang hilang tersebut bukan uang kecil melainkan uang yang bernominal sangat besar yaitu sekitar Rp. 22 Miliar Rupiah. Tentu hal itu sontak membuat publik cepat untuk mengakses bahkan mengikuti perkembangan kasus tersebut, apalagi dalam proses hukumnya PT. Bank Maybank Indonesia atau biasa disebut Maybank memakai jasa hukum dari pada Pengacara Senior dan juga terkenal yaitu Hotman Paris Hutapea.  

      Usut punya usut melalui media berita yang penulis baca ternyata kasus tersebut bermula dari komplain winda kepada pihak maybank terkait masalah itu pada sekitar bulan februari tahun 2020 dan karena tidak ada titik temu kasus tersebut berakhir melalui jalur hukum dalam pelaporan pidana. Atlet e-sport yang bernama winda tersebut melaporkan kejadian tersebut dalam ke pihak kepolisian yang berwenang dan terdaftar dalam nomor LP/B/0239/V/2020/Bareskrim pada tanggal 8 Mei tahun 2020.


3. KASUS DJOKO TJANDRA 

      Ada 3 (tiga) kasus yang menjerat djoko tjandra dalam kasus hukum yang membuat ia kembali viral pada tahun 2020 ini, yang pertama ialah kasus surat jalan palsu, yang kedua kasus dugaan suap terkait penghapusan "red notice", dan yang terakhir ialah dugaan suap kepengurusan fatwa MA (Mahkamah Agung). Kasus tersebut sangat menarik dan menjadi viral karena melalui media berita yang penulis baca dalam perkembangannya itu sampai melibatkan berbagai penegak hukum yang ikut terseret dalam kasus tersebut. Djoko Tjandra ditangkap pada hari kamis tanggal 30 Juli Tahun 2020 di kuala lumpur, Malaysia, dan sebelumnya ia merupakan terpidana pengalihan hak tagih bank bali yang terjadi tahun 1999.


Lihat juga: SATPAM MEMBELA DIRI DIVONIS BERSALAH KARENA MEMBUNUH TERDUGA PELAKU PENCURI 


4. KORUPSI MENTERI KELAUTAN & PERIKANAN  DAN  MENTERI SOSIAL

      Tepat pada tanggal 25 November tahun 2020 Eks Menteri Kelautan dan Perikanan yaitu Pak Edhy Prabowo ditangkap terkait dugaan tindak pidana korupsi ekspor benih lobster, Sedangkan di kemudian hari pada tanggal 5 Desember tahun 2020 Eks Menteri sosial yaitu Juliari P Batubara ditangkap oleh KPK karena diduga melakukan Tindak Pidana Korupsi terkait bansos (bantuan sosial) covid-19.

      Hal tersebut diatas menjadi viral dan menjadi perbincangan publik, apalagi hanya jelang sekitar 10 hari dari penangkapan pertama eks menteri kelautan & perikanan kemudian selanjutnya disusul penangkapan eks menteri sosial oleh KPK. Penangkapan para menteri tersebut tentu mungkin saja sangat melukai hati masyarakat khususnya penangkapan eks menteri sosial di tengah perjuangan rakyat yang sedang berjuang memperbaiki ekonominya akibat dari pada pademi covid-19 yang melanda. 


5. KASUS 6 LASKAR FPI TEWAS


      Di penghujung tahun pada awal desember tepatnya tanggal 7 Desember tahun 2020, situasi kembali memanas yang dimana sebelumnya ada berita menteri tertangkap karena adanya dugaan korupsi, dan pada tanggal 7 tersebut diberitakan bahwa 6 laskar FPI tewas karena diduga baku tembak dengan pihak kepolisian. Namun seiring berjalannya waktu sampai di akhir tahun 2020 ini, keterangan mengenai peristiwa tersebut belum ada yang pasti, artinya dari pihak kepolisian mempunyai versi tersendiri dan juga dari pihak fpi mempunyai ceritanya versi sendiri menurut media berita yang penulis baca. 

     Dalam perkembangannya juga bahkan ada berbagai pihak yang menuntut untuk dibentuknya team independen pencari fakta untuk menentukan kebenaran mengenai kejadian yang sebenarnya terkait tewasnya ke 6 laskar FPI tersebut.  Kasus tersebut sampai dengan akhir tahun 2020 masih terus dilakukan penyelidikan melalui prosedur hukum yang berlaku, salah satunya yaitu KOMNAS HAM yang melakukan penyelidikan mengenai tewasnya 6 Laskar FPI tersebut. 


6. GISEL DITETAPKAN SEBAGAI TERSANGKA


      Kasus video syur yang berdurasi 19 detik yang melibatkan artis gisella anastasia berujung kepada penetapan Tersangka gisel dan juga pria yang berinisial MYD. Kasus ini dapat dibilang juga sebagai pemersatu bangsa yah, karena menjadi bahan perbincangan di berbagai sosial media. Naiknya status gisel dengan MYD dari status saksi ke tersangka itu melalui hasil gelar perkara yang dilakukan oleh pihak yang berwenang. Tentu hal ini menjadi perbincangan , karena banyak juga ahli hukum yang beropini terkait pasal yang disangkakan oleh pihak kepolisian kepada gisel. 

     Gisel sendiri dipersangkakan Pasal 4 ayat 1 juncto Pasal 29 dan atau Pasal 8 UU Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi. walaupun sudah berstatus tersangka, tentu belum dapat kita katakan ia sebagai orang yang bersalah yah. Karena di dalam hukum khususnya dalam perkara pidana itu terdapat asas praduga tidak bersalah, sebelum ada putusan yang berkekuatan hukum tetap yang menyatakan gisel bersalah dari majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara tersebut, gisel belum bisa dikatakan bersalah. Jadi ditunggu saja proses hukum yang sedang berjalan. 


      Berikut diatas adalah ke 6 (enam) kasus hukum yang menjadi viral menurut penulis yang terjadi di sepanjang Tahun 2020 di Negara Indonesia. 




Demikian Semoga Bermanfaat, Terimakasih. 





Penulis : Daniel Lesnussa 





ARTIKEL TERKAIT :